Tuesday 10 July 2012

Keputusan tidak menindik telinga Olive

Olla..

Ketika hamil tua, Bunda udah pengen beliin anting-anting untuk calon cucunya. Pas aku cerita ke MIL, beliau bilang FIL ga akan setuju karena ga tega. Aku cerita juga ke suami, ternyata suami sepakat sama FIL, bayi perempuan di keluarga ga akan ditindik telinganya.

Awalnya aku rada aneh dengan keputusan ini, karena dimana-mana kalo ada bayi perempuan pulang dari rumah sakit ya udah pake anting. Beberapa kali kontrol Olive ke DSA (dokter spesialis anak) ato bidan selalu kami ditanya kok bayinya ga dipakein anting, kalo ditindiknya ditunda keburu bayinya bisa ngerasain sakit lo... Pertanyaan itu selalu dijawab tegas sama suami kalo Olive emang sengaja ga ditindik. Ditindiknya entar aja kalo Olive udah pengen pake anting.

Aku yang semula aneh dengan fakta bayi perempuan ga ditindik, sekarang malah dukung keputusan ga menindik Olive sepenuhnya. Apa bener bayi belum bisa ngerasain sakit ketika ditindik? Kayaknya engga deh, buktinya Olive kalo disuntik pas imunisasi nangis kejer kok. Kalo ada yang bilang bayi ga sakit pas ditindik itu karena bayi belum bisa bilang: "Mama, sakitt..".

Alasan lain karena hak asasi. Bayi dilahirkan sempurna, kenapa harus dibuat lubang di telinganya? Berdasarkan keputusan sepihak dari orang tuanya pula... Jadi, menurut kami menindik telinga adalah hak. Kalo emang Olive pengen pake anting, silahkan Olive menindik telinganya. Emang rasanya bakalan sakit, tapi sesakit apapun kalo Olive yang pengen pasti dijalanin juga.

Akibat Olive ga ditindik adalah sering banget dikira cowo, apalagi wajah Olive emang rada boyish face gitu hehe.. Jadi kalo Olive diajak jalan-jalan dipakein kerudung, orang ga bakal salah lagi ngira bayi cowo. Cuman kalo Olive udah bosen dipakein kerudung dan dia minta copot, ya udah deh pasrah aja kemana-mana dibilang bayinya ganteng hihi..

Ohya aku bikin tulisan ini bukan berarti bilang kalo bayi ditindik sejak lahir itu salah lo... Hal ini kembali ke orang tua masing-masing, kalo bayinya hepi aja ditindik ya kenapa engga? Parent, especially mom, knows the best for the baby :-)


No comments:

Post a Comment