Wednesday 11 July 2012

Olive : 2 Bulan

Olla..

Olivia menjelang 2 bulan, yang terjadi adalah :
  1. Sering bobok miring
  2. Makin sering senyum
  3. Olivia 8 minggu, beratnya 4,6 kg, dapet imunisasi DPT 1 dan polio

Olivia berusia 2 bulan. Saai itu tanggal 28 September 2011, Olive muntah terus. Setiap habis nenen pasti muntah, setelah muntah kadang ga mau nenen lagi. Udah 3 hari seperti ini. Karena khawatir, kami bawa Olive ke Happyland untuk kontrol ke DSA. 
Di Happyland, Olive diperiksa dr. Rina. Menurut dr. Rina, Olive lemes banget, akhirnya dr. Rina langsung minta Olive mondok malam itu juga untuk diobservasi lebih lanjut.

Aku dan suami kaget dan bingung, ga tau harus ngapain. Baiklah kami memutuskan Olive mondok. Kami check ini kamar lalu Olive dibawa ke lab untuk tes darah.
Saat itu rasanya campur aduk. Olive udah kurang istirahat karena muntah terus, lemes juga karena ga mau nenen, masih harus disuntik untuk diambil darahnya. Ga tega denger jerit tangisnya. Kalo bisa rasanya pengen kuganti posisi Olive, aku aja yang disuntik..

Setelah disuntik Olive istirahat di kamar, suami pulang bentar untuk ambil baju dan perlengkapan. Malam itu dr Rina pengen Olive dikasih antibiotik. Aku bingung, diagnosis belum tegak kok mau dikasih antibiotik. Aku nawar ke susternya untuk menunda kasih Olive antibiotik, lihat malam ini gimana, toh udah di rumah sakit juga kan.. kalo ada apa-apa bisa cepet ditangani.

Malam itu Olive mau nenen sampe 2 kali, kemudian tidur lelap. Alhamdulillah.

Keesokan paginya suster datang lagi dengan antibiotik, aku bingung, hasil tes darah belum keluar. Tapi aku lebih khawatir Olive kenapa2 akhirnya Olive dikasih antibiotik, lagi2 ditusuk di saluran darahnya. Ga tegaa... 
Hari itu juga aku merah ASIP, untuk tau berapa cc yang bisa dikonsumsi Olive, tapi ternyata Olive ga mau minum ASIP disendokin, maunya nenen langsung. Oke mari kita nenen. 

Malam mondok yang kedua, Olive masih muntah, tengah malam pula.
Besoknya Olive diperiksa, Alhamdulillah sehat dan normal. Tes darah menunjukkan angka hemoglobin 11, masih normal untuk umurnya, akhirnya sore itu kami boleh pulang dengan membawa bekal antibiotik Cefixime untuk dikonsumsi di rumah.

Kesimpulan Olive muntah terus dan ga mau nenen ini: sepertinya Olive kembung, jadi perutnya ga nyaman. Mungkin juga Olive sedang mengalami nursing strike.
Yang penting sepulangnya dari rumah sakit Olive sehat dan ceria lagi, rutinitas nenen lancar lagi, udah ga muntah juga. Lega dehhh hati Mama, Nak..
Dari peristiwa ini aku dapet pelajaran berharga: tolak pemberian antibiotik ke bayi kalo diagnosis belum ditegakkan, toh ternyata Olive emang ga butuh antibiotik.

Udah ah cerita sedihnya, bikin ngilu kalo diinget. Hal ini jadi pelajaran berharga buat Mama dan Papa biar lebih banyak belajar tentang kesehatan bayi.
Cerita senengnya, di usia 2 bulan Olive makin lucu...makin ekspresif.. Olive bayi yang murah senyum :-)

adorable!



No comments:

Post a Comment