Sunday 24 June 2012

Bersahabat dengan kucing selama hamil

Olla..

Mau cerita lagi neh tentang kehamilan..
Di posting sebelumnya, kan aku cerita kontrol pertama kali ke dr. Lucas. Sepulangnya dari kontrol, kami langsung ke Lab Parahita buat ambil tes TORCH, utamanya sih tes Toksoplasma itu.

Sejak menikah aku memelihara kucing. Suami dan keluarganya emang penyayang kucing sejati sih..
Aku pun suka kucing, tapi ibuku (Bunda) ga mau merawat kucing, jadi ga bisa punya kucing di rumah deh. Nah setelah menikah ini hasrat memelihara kucing tersalurkan hehe..

Balik ke tes TORCH..
Tes ini penting karena infeksi toksoplasma ke ibu hamil bisa menyebabkan cacat janin. Untuk menjalani tes ini, darah perlu diambil sekitar 2cc sebagai sampel, kemudian akan dilihat Imunoglobulin (Ig) M dan IgG. Bila IgM positif, artinya aku positif terinfensi toksoplasma. Bila IgG positif tapi IgM negatif, artinya aku dulu pernah terinfeksi toksoplasma, namun sekarang kadarnya udah rendah di dalam darah sehingga (Insya Allah) aman untuk hamil. Alhamdulillah hasil tesku negatif :-)

Aku memelihara kucing hampir 2 tahun sebelum akhirnya hamil dan aku terbukti ga terinfeksi toksoplasma. Ini artinya mitos kucing bisa menyebabkan toksoplasma itu ga sepenuhnya benar.
Kita akan terkena toksoplasma bila ada parasit toksoplasma yang ga sengaja termakan oleh kita. Parasit ini bisa ditemukan di feses kucing liar yang sehari-hari makanannya tikus liar juga (hiyy..).

Gimana dengan kucing domestik?
Menurut pengalamanku kucing rumahan/domestik itu ga doyan makan tikus ya.. karena mereka punya makanan yang lebih enak seperti Friskies, Whiskas, Royal Canin hehe.. Kalo lihat tikus, mereka akan anggap seperti mainan yang bergerak-gerak.
Meskipun kemungkinan kena tokso dari kucing rumahan kecil tetep aku harus hati-hati. Selama mereka sehat, Insya Allah orang-orang yang berdekatan dengan mereka juga sehat. jadi mereka rajin dikontrol dan divaksin oleh dokter hewan.
Selama hamil pun aku tetep dekat dengan kucing, kasih makan, main, dan mandiin mereka. Bahkan kadang aku bersihin litter box mereka juga kalo ga ada orang lain, tentunya dengan pengamanan ekstra ketat seperti pake sarung tangan karet dan masker, setelah bersihin langsung cuci tangan.

Alhamdulillah kehamilanku aman-aman aja. Jadi toksoplasmosis ga melulu disebabkan kucing ya.. kasihan kan binatang imut kayak kucing dikambinghitamkan terus...hehe..

Hello.. I love to be cuddled

NB: ohya mumpung ingat, sayuran dan daging yang dimasak kurang matang juga bisa menyebabkan toksoplasmosis

No comments:

Post a Comment