Wednesday 27 June 2012

Olivia: Minggu pertama, belajar menyusu dan menyusui

Olla..

Olivia berumur 3 hari, aku masih belum bisa nyusuin dia.
Ga pake pikir panjang langsung minta tolong Bidan Yani dari Sakina untuk ke rumah. Bidan Yani ini konsultan laktasi.
Ketika bidan dateng, langsung deh masalahku ditangani dengan breast care. PD-ku dipijat dan diperah, menurut dia aku mengalami breast engorgement. Jadi sebetulnya aku sudah memproduksi ASI, tapi karena ga dikeluarkan terjadilah penyumbatan di saluran ASI, kalo disentuh seperti ada jaringan yang membatu. Nah tempat terjadi penyumbatan ini sakit banget kalo disentuh, apalagi dipijet. Tapi kalo ga dipijet saluran yang tersumbat ga akan lumer, jadi yaahh..ditahan aja deh sakitnya yang aduhai itu..

Kelar dipijet, PD diperah. Subhanallah, ternyata hasil ASI perah (ASIP) ku banyak.. sampe diminumkan ke Olivia 3-4 kali. Kelar merah, aku juga diajarin menyusui langsung. Posisi mulut bayi tepat di depan puting PD dan badannya sejajar dengan kepalanya. Gambarnya seperti ini:

Gambar pinjem dari Google, dari web orang jualan nursing pillow

Keesokan harinya suami beliin beberapa alat tempur menyusui, kayak Pigeon manual breastpump dan Pigeon nipple shield. Hari keempat, Olivia masih minum ASIP campur sufor (awalnya pake SGM, pup rada keras terus ganti Nutrilon). Hari kelima, alhamdulillah Olivia bisa menyusu langsung.
Menyenangkan sekali pas Olivia bisa menyusu. Aku bisa peluk dia, lihat matanya, bisa dengar suara gluk..gluk..dia menelan ASI. Hmmm..emang bener kata orang, yang paling jitu meningkatkan bonding antara ibu dengan bayi newborn adalah menyusui :-)

Setelah berhasil menyusui langsung, segala macam botol, sterilizer, dan peralatan tempur ASIP kembali masuk boks. Ga perlu repot nyiapin ini itu, begitu Olivia pengen nenen, tinggal buka baju aja hehe.. Masalah berikutnya muncul ketika puting PD mulai lecet. Pelan-pelan aku cari posisi latch-on yang pas.  Si Pigeon nipple shield ga jadi kepake karena ukurannya yang guedhe..akhirnya ditahan-tahan lah rasa sakit nyusuin.
Berhubung lecet makin parah, suami beliin Medela nipple shield size S dan Momilen nipple cream. Medela nipple shield dicoba, ternyata Olivia ga doyan, rada repot juga pakenya karena harus dipegangin. Momilen juga ga jadi dipake karena takut tertelan bayi. Akhirnya menyusu langsung jalan terus, lecet belum membaik, tapi lama-lama kebal juga sama rasa sakitnya. Pengobatan lecet pake cara alami aja, jadi setiap sebelum dan sesudah menyusui, puting diolesin sedikit ASIP, juga sering ganti bra biar ga lembab.

Perkembangan Olivia di umurnya yang baru seminggu yaitu udah bisa nyengir lucu.. Ini foto Olivia umur 3 hari. Cute banget kannn.. :-D



Tmbahan : Olive usia 5 hari, beratnya 3,15 kg dan dapet imunisasi BCG

No comments:

Post a Comment