Tuesday 26 June 2012

Melahirkan Olivia

Olla..

Due date ku adalah 19 Juli 2011. Sabtu dini hari, 16 Juli 2011, aku mulai keluar flek. Aku langsung bangunin suami dan sms dr. Detty, jawaban sms beliau udah ada pembukaan jalan lahir. Saat itu belum berani bilang siapapun kalo aku udah keluar flek. Denger cerita sana-sini, kalo melahirkan anak pertama biasanya lama jedanya dari mula tanda-tanda sampe masuk kamar bersalin. Ok no need to worry!

Sabtu biasanya aku dan suami ke CCRC ato lab, begitu juga sabtu itu. Sepulangnya dari kampus, aku kontrol ke RSIB Sakina Idaman (ohya menjelang due date aku emang pindah kontrol ke Sakina Idaman, dr. Detty praktek di sini juga). Berhubung ga ada dokter jaga aku diperika bidan. Diperiksa dalam (untuk pertama kalinya) baru pembukaan 1. Ya wes lah pulang ke rumah.

Perjalanan pulang aku makan di Paparon's Pizza, masih bisa ketawa haha hihi. Pulang rumah juga masih cuci-cuci alas ompol yang dibeli di olshop. Malemnya masih jalan-jalan ke mall dan makan-makan sama keluarga Tante di Amplaz.

Keesokan paginya, hari minggu, mulai deh ngerasain yang namanya kontraksi. Rasanya cekit-cekit, perut kenceng, punggung pegel. Senin dini hari kontraksi makin kenceng. Abis sholat subuh, kami meluncur ke Sakina buat periksa. Di Sakina langsung masuk ke kamar bersalin untuk dicek, ternyata di ruangan sebelah ada yang baru aja melahirkan. Aku denger suara tangis bayinya, mendadak jadi pengen nimang-nimang bayi hehe..
Hasil periksa dalam, aku baru pembukaan 1 longgar. Hwaaa.. berarti dari hari sabtu pembukaannya dikit banget nambah. Hari itu juga aku langsung check in kamar, siapa tau kontraksi makin teratur. Sekitar jam 9 malam aku diperiksa dr. Detty dan dilihat detak jantung bayi, masih juga pembukaan 1.  Biar pembukaan nambah, jam 10 malam aku jalan-jalan di sepanjang gang rumah sakit. Akhirnya capek juga. Daripada stress jam 11 aku minta pulang aja, mendingan nunggu pembukaan di rumah kan lebih santai.

Ketika di rumah, aku rajin jalan-jalan di sekitar rumah dan naik turun tangga. Kalo lagi kontraksi paling duduk ato tiduran, kontraksi hilang jalan-jalan lagi. Tidur udah ga bisa nyenyak gara-gara kontraksi, kalopun akhirnya bisa tidur itu karena kecapekan nahan sakit. Due date yang harusnya selasa 19 Juli, udah kelewat.

Kamis pagi, rasanya jeda tiap kontraksi makin dekat dan makin sakit. Aku minta ke Sakina hari itu juga. Sampe di Sakina langsung dicek, ternyata baru pembukaan 4. Bidan yang periksa konsultasi sama dr. Detty, kalo sampe malam pembukaan ga nambah aku bakal diinduksi.
Sore sekitar jam 4 bidan datang lagi untuk periksa, aku masih pembukaan 4 aja... udah mulai khawatir, padahal kontraksi udah makin sakit gini kok pembukaan ga nambah.

Jam 8 malem, aku mulai masuk kamar bersalin untuk diinduksi via infus. Awalnya kontraksi masih bisa ditolerir yah, aku sampe ngantuk pengen tidur. Makin lama rasa sakit makin dahsyat, setiap kontraksi aku remas tangan suami (tabahlah suamiku..), Bunda sampe nawari handuk untuk kugigit biar ga tereak pas kontraksi hehe..
Sekitar jam 11, ketubanku pecah, aku udah pembukaan 8, ok tinggal nunggu bentar lagi nih. Bidan bilang jangan ngejan dulu sebelum pembukaannya lengkap (rada susah nahannya, tapi diingetin terus sama suami).
Bentar aja aku udah pembukaan lengkap, dr Detty belum datang masih di perjalanan. Aku masih diinfus dan dipasang alat penahan kaki, yak..udah boleh mengejan tiap kontraksi datang. Bunda dan keluarga udah disuruh keluar, aku cuman ditemenin suami. Di ruangan sebelah ada ibu yang sedang berjuang mau melahirkan juga, lucunya kami berdua sama-sama pasien dr. Detty. Samar-samar aku dengar suara Alquran yang dibacain suaminya dan suara rintihan ibu tu pas dia lagi kontraksi.

Dr. Detty dateng, aku rasanya lebih tenang. Ibu di ruangan sebelah ternyata lebih cepat proses melahirkannya sehingga dia dibantu bidan Daman (ibu Daman ini pemilik Sakina). Dr. Detty konsen di  aku aja.
Aku ga tau berapa lama/berapa kali aku ngejan, si bayi ga mau keluar-keluar, padahal aku udah ngejan sekuat tenaga. Rasanya makin lama makin lemes (sepertinya karena faktor berhari-hari kontraksi itu juga). Di sela-sela mengejan, aku kerasa banget dukungan suami. Aku dielus, dikasih semangat, dikasih minum Buavita dan Kacang Ijo Ultrajaya hehe..
Berhubung bayi ga keluar-keluar, dr. Detty ngancam aku dioperasi aja. Wah udah setengah jalan gini kok mau dioperasi, akhirnya semangat lagi ngejan. Ibu di ruang sebelahku udah nimang bayinya. Ayo ah..aku ga mau kalah :-) Bidan Daman dateng ke ruanganku, rada kaget kok aku belum lahiran.
Akhirnya suami disuruh minggir, 2 bidan di kanan kiriku bantu dorong perutku, dr. Detty di hadapanku. Cukup dengan 2 kal1 ngejan, si bayi udah lahir. Horeee....

Pertama kali lihat anakku, rasanya amazing. Bener deh rasanya ga bisa digambarkan dengan kata-kata. Dia cantik banget.. Alhamdulillah anakku lahir sempurna. Matanya bulat besar seperti mataku.
Bayiku diletakkan di atas dadaku sembari dr. Detty ngeberesin urusan di bawah sana yang aku udah ga peduli lagi mau diapain aja. Inilah waktunya Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Jujur rasanya IMD'ku rada gagal, bayi ga berhasil mencapai puting payudara, waktu itu juga keluarga udah pada masuk sibuk foto-foto (pengalaman berharga: biarkan ibu puas IMD dulu sebelum mengizinkan orang lain masuk). Tapi menurut bidan, gapapa IMD gagal, yang penting udah dapet bonding antara ibu dan anak. Baiklah kalo begitu, tapi andaikata aku punya kesempatan IMD lagi, pasti akan kuperjuangan sampe berhasil :-)

Anakku lahir pada hari Jumat, 22 Juli 2012, jam 2.10 dini hari, panjang 51 cm dan berat 3,1 kg. Setelah IMD Olivia dapet suntikan vitamin K dan imunisasi Hepatitis B I.
Alhamdulliah anakku sehat. Aku dan suami udah mempersiapkan nama yang cantik, Olivia.



Selamat datang Olivia. Semoga kau selalu menjadi putri yang sehat, sholehah, kebanggaan Mama Papa.


No comments:

Post a Comment